Wednesday, October 29, 2008

DEEP FREEZE KEAMANAN KOMPUTER

Salah satu yang perlu kita perhatikan sebagai pengguna computer adalah suatu system atau pengamanan komputer, memang pengamanan bukan salah satu yang paling mutlak selain dari perlakuan kita terhadap penggunaan computer itu sendiri sebetulnya ini yang menjadi penyebab utama terhadap kerusakan computer bahkan banyak orang tidak menyadarinya dengan perilaku dari pengguna computer semacam ini dan hal ini perlu kita cermati dan koreksi terhadap diri kita sendiri tetapi setidaknya pengamanan ini bisa membantu kita dalam mengantisipasi sedini mungkin terhadap timbulnya kerusakan pada computer itu sendiri.

Memang dalam menjaga kelangsungan, kelancaran, kesetabilan, keawetan dan lain sebagainya tentunya harus ada Anti Virus yang selalu terupdate alangkah baiknya diberi juga sebuah Anti Spyware, dalam hal ini mungkin tidak banyak yang mempergunakan Anti Spyware mungkin karena dipikir kurang bermanfaat atau bahkan memang tidak mengetahuinya dengan adanya Anti Spyware ini tetapi kalau kita menyadarinya betapa hebatnya akibat yang di timbulkannya.

Sebagai gambaran:

Antivirus di gunakan untuk mengetahui atau scan adanya virus (walaupun bisa
mendeteksi adanya Spyware itu cuma sedikit banget), Anti Spyware di gunakan
khusus untuk mendeteksi atau Scan adanya Spyware

perlu di jelaskan bahwa sesungguhnya Spyware itu adalah Virus tetapi kalau Virus itu belum tentu berarti Spyware, ini jelas berbeda.

Terlepas dengan masalah tersebut diatas sebenarnya perlu juga di kasih sebuah pengaman di dalam computer, sebagai salah satu contoh adalah Deep Freeze, software ini memang bisa di gunakan di dalam computer berbasis Microsoft Operating System apa saja tinggal pilih versi yang sesuai dengan yang terinstall dalam computer anda. Mengenai cara penggunaanya begitu mudah ada step-step atau langkah-langkah yang mudah untuk diikuti mulai dari penginstallan sampai ke cara kerjanya.

Anda bisa download Deep Freeze dari Faronics, setelah itu:
1. Install ke computer, waktu install ini pilih Drive mana yang mau di lindungi atau di kasih program Deep Freeze (Ex. C:, D:, E, etc) bisa juga semua drive di kasih DeepFreeze.
2. Setelah install DeepFreeze, komputer akan restart dengan sendirinya. (Reboot)
3. Buka DeepFreeze dengan kombinasi antara Shift+Ctrl+Alt+F6.
4. Set password. Usahakan yang sangat rahasia dengan mengutamakan keamanan.
5. Setelah itu tinggal atur settingan sesuaikan dengan keinginan anda. (liat: buka / NonAktive DeepFreeze dibawah)
6. Setelah semuanya di set tinggal reboot computer.

Sebuah software yang sangat membantu kita tinggal kasih tanda atau centang di Boot Frozen bila ingin mengaktifkan Deep Freeze dan bila ingin menonaktifkan kasih centang atau tanda di Boot Thawed atau Boot Thawed on next. Setelah reboot pasti akan kembali ke settingan semula seperti kita setting computer.

Jadi sangat di sarankan sebelum memasang Deep Freeze untuk melakukan maintenance menyeluruh terhadap computer anda, termasuk juga pembersihan virus dan Spyware dengan tujuan bila kita pasang Deep Freeznya akan kembali kedalam keadaan computer yang benar-benar normal dan ini terjadi setiap kita reboot computer akan berada dalam kondisi computer yang normal, software Deep Freeze ini sangat cocok buat keamanan computer yang terdapat jaringan ataupun juga untuk di gunakan dalam usaha bisnis Warnet, Industri kecil, Perkantoran begitu pula untuk indivivu atau pribadi.
Kalau ada apa-apa: error, Hang, dan lain sebagainya atau masalah-masalah lain bahkan virus masuk tidak usah khawatir tinggal restart atau reboot computer beres.

Untuk kelemahan dari Deep Freeze ini apabila setiap kali akan menambah, mengurangi, Install, Uninstall atau merubah-rubah drive yang kita kasih Deep Freeze tadi harus di buka / NonAktivekan dulu Deep Freezenya dengan cara:


1. Buka Deep Freeze. Dengan kombinasi antara Shift+Ctrl+Alt+F6.
2. Kasih tanda atau centang di bagian Boot Thawed atau Boot Thawed on next.
3. Reboot komputer. (sesuai dengan settingan anda berapa kali reboot. Defaultnya 1 kali)

Untuk Uninstall, Bypass atau Bobol Deep Freeze kita harus melakukan beberapa langkah-langkah bisa ikuti link tulisan sebelumnya pada Tuesday, September 09, 2008. Semua risiko ditanggung sendiri. Penulis tidak bertanggung-jawab atas segala efek yang timbul. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

No comments: