Sunday, March 02, 2008

HANDLING COMPLAINT BY PROFESIONAL WAITER

Memang buat sebagian orang terutama waiter / server akan pusing bahkan bingung ketika mendapati bahwa ada customernya yang mulai marah dikarenakan kekecewaan terhadap pelayanan mereka. Sebetulnya ini seharusnya tidak akan menjadi masalah yang besar, jangan khawatir mengenai itu berikap normal dan berusahalah untuk santai. Mengapa demikian? Karena itu sudah memang situasi yang normal di dalam bisnis kita sadarilah bahwa complaint atau sikap yang negative itu adalah sesuatu yang baik karena semua itu akan membantu kita untuk bersikap yang lebih professional lagi. Percayalah itu.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk membantu anda di dalam menangani dan megatasi complaint berdasarkan pengalaman saya:

1.Lakukan pendekatan terhadap customer dengan penuh kesopanan dan tanyakan apa penyebab yang membuat kekecewaan atau yang membuat tidak senang.

2.Dengar dan dengarkan, biarkan customer mengungkapkan semua yang beliau inginkan.

3.Bersikaplah dengan tenang terhadap customer yang melakukan complaint atau yang mengutarakan keluhan.

4.Jangan pernah terpancing untuk marah karena marah tidak akan menyelesaikan permasalahan, sadarilah itu.

5.Minta maaflah terhadap semua kejadian walaupun itu bukan merupakan kesalahanmu. Buang jauh-jauh egois kamu.

6.Bersikaplah simpati dan nyakinkan bahwa kamu mengerti semua yang menjadi permasalahan yang sedang dihadapi oleh customer.

7.Jangan pernah berjanji atau mengatakan sedangkan kamu sendiri tidak akan melakukannya, ini cuma akan mempersulit situasi.

8.Jangan pernah menyalahakn staff atau rekan kerja anda sadarilah bahwa itu adalah kesalahanmu.

9.Berusahalah untuk mencari jalan yang terbaik untuk menyelesaikan permasalhan itu dengan sebaik-baiknya.

10.Buatlah percakapan yang sopan dan bersahabat sehingga customer tidak akan berlarut-larut di dalam permasalahan.

11.Berikan pengharapan kepada customer sebisa yang dapat kamu lakukan dengan secepat mungkin.

12.Lebih berhati-hatilah terhadap customer dan jangan pernah lagi melakukan untuk yang kedua kali.

13.Jangan pernah lupa mengatakan “ Terima kasih “ untuk semua complaint dan sadarilah bahwa semua itu akan membuat kamu lebih baik di dalam deskripsi pekerjaan kamu untuk mencapai profesionalitas.

Hadapilah semua permasalahan itu, suatu saat nanti kamu akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi dari pada sekarang yang kamu lakukan dan jangan pernah berfikir bahwa camplaint itu adalah sesuatu yang akan membuat pekerjaan kamu menjadi surut. Jadikan semua itu pelajaran buat mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Semoga sedikit tips ini akan membantu kamu untuk menjadi seorang yang professional.

Succes buat kita semuanya. Amin.

1 comment:

Agung. s said...

Thank You Very much for the information and all of my heart I would to say It's so Nice popins.