Saturday, March 22, 2008

Backup Hardisk File Tepat Waktu

Apakah hardisk kamu masih dalam keadaan bagus atau mungkin sebentar lagi akan mengalami kerusakan, sehingga akan melakukan pergantian hardisk dengan yang baru dalam waktu dekat? Apakah anda ingin tahu cara mudah untuk memeriksa hardisk dan apakah kamu menginginkan melakukan penyimpanan atau backup semua file-file kamu tepat waktu sebelum hardisk benar-benar rusak? Selamatkan File di hardisk tepat waktu.

Sebelum melakukan pengecekaan menggunakan software atau tolls seperti diuraikan di bawah. Alahkah baiknya ikuti langkah berikut:

1.Lepaskan / copotlah hardisk dari chasing CPU tetapi jangan di cabut kabel IDEnya, letakkan terbalik di tempat yang aman.
2.Nyalakan Komputer, dengarkan suara yang keluar dari hardisk tersebut apakah ada suara yang tidak normal muncul dari hardisk yang berasal dari platternya.
3.Pegang dan rasakan getarannya, selain itu perhatikan suara yang timbul dari bagian lain.
4.Bila terjadi atau timbul keanehan berarti hardisk sudah tidak normal lagi, ini berarti hardisk perlu diadakan penggantian dengan secepatnya dan juga lakukan pembakupan / selamatkan data dari hardisk.
5.Bawa ke tempat service yang benar-benar professional di bidangnya.

Itulah cara pengecekan hardisk secara manual, di bawah di jelaskan melakukan pengecekan hardisk dengan sebuah software yang bernama HD Tune anda bisa ambil disini http://www.hdtune.com/ untuk downloadnya (gratis)



Caranya yaitu:
1.Download Sofwarenya HD Tune.
2.Install softwarenya, ini mudah banget dalam penginstallan tinggal ikuti perintahnya yang sangat simple.
3.Double Klick di HD Tune icon, atau dari start menu cari HD Tune.
4.Klick Error Scan dan lanjutkan klick Start.
5.Tunggu sampai pengecekan selesai.


Keterangannya sudah tersedia disitu yaitu bila ada kerusakan di area hardisk akan di tunjukkan kotak / Box warna merah dan bila Hardisk area anda masih normal akan di tunjukkan kotak / Box warna hijau. Telusuri fasilitas dalam software ini yang di berikan mudah-mudah akan berguna dan ada manfaatnya.

Lakukan pengecekkan hardisk kurang lebih satu kali dalam 2 bulan atau menurut kebutuhan guna menjaga dan mengetahui keadaan hardisk sehingga dapat menyelamatkan data-data tepat pada waktunya. Semoga berguna. Amin

No comments: