Saturday, September 13, 2008

Menghindari Spam

Bagaimana cara untuk menghindari Spam? Adakah Tips untuk menghindar Spam? Bagaimana menangkal Spam? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di masalah Spam / Spamer. Spam sendiri mengandung arti junk mail atau sampah surat elektronik yang dikirimkan atau di masukkan yang bisa meliputi spam surat elektronik, spam instant messaging, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, dll untuk keperluan pribadi si pengirim yang mengganggu bagi penerimanya dengan berbagai macam tujuan yang tidak di kehendaki oleh si penerimanya.

Dibawah ini ada beberapa langkah untuk menghindari Spam yang di sarankan oleh Ronnie Ng, Manager Systems Engineering Symantec untuk wilayah Singapura dan Indonesia yang diyakininya bisa membantu pengguna dalam melawan penyebaran program jahat dan spam.

Berikut langkah-langkah menghindari Spam tersebut:

1. Gunakan produk keamanan e-mail. Gunakan produk yang mampu melindungi jaringan dari spam dan virus namun di saat yang sama masih memungkinkan e-mail yang sah untuk lewat. Norton 360 versi 2.0 adalah yang terbaru dari Symantec untuk solusi keamanan all-in-one.
2. Gunakan filter spam. Setelah menerapkan piranti lunak keamanan, aturlah filter yang dibutuhkan. Cara mudah untuk memulanya adalah dengan memfilter alamat tujuan e-mail masuk (kolom To:). Biasanya spam dikirimkan tidak ke alamat Anda secara personal, sehingga Anda bisa memfilter semua e-mail yang tidak ditujukan pada alamat Anda.
Selanjutnya, jika ada e-mail sah yang terfilter, atur kembali filter agar meloloskan alamat-alamat tertentu.
3. Pelajari cara e-mail yang aman. Curigai e-mail yang masuk, jangan isi form dalam e-mail yang meminta detil informasi pribadi atau keuangan atau password. Ingatlah bahwa perusahaan tidak akan pernah menanyakan informasi semacam itu melalui e-mail.
4. Abaikan Spam. Jangan menjawab e-mail spam yang masuk, ini hanya akan memancing lebih banyak spam. Begitu juga dengan mengklik link dalam e-mail spam, termasuk yang menjanjikan akan menghapus Anda dari daftar pengiriman e-mailnya. Hapus e-mail yang mencurigakan tanpa membacanya.
5. Hati-hati dengan trik baru. Banyak trik-trik rekayasa sosial yang kerap membuat pengguna terjebak, apakah dengan tipuan atau dengan upaya membuai pengguna.
6. Gunakan beberapa alamat e-mail. Satu untuk penggunaan pribadi yang hanya diketahui keluarga, teman dan rekan sejawat. Alamat lainnya digunakan untuk milis. Dan satu lagi untuk pertanyaan atau pemesanan online.
7. Hati-hati menabur alamat e-mail Anda. Jangan sampai e-mail Anda diketahui pihak lain hanya karena Anda menyebarkan alamat e-mail itu di situs yang bisa dilihat oleh masyarakat umum.
8.Jangan memforward. Suka memforward e-mail berantai, lelucon atau macam-macam jenis e-mail lainnya? Menurut Ronnie hal itu sebaiknya tidak dilakukan karena mengganggu dan bisa menghambat lalu-lintas e-mail dan jaringan Anda. Anggap e-mail semacam itu sebagai spam.


Semoga beberapa langkah diatas yang diambil penulis dari sumber http://www.detik.com/ bisa berguna untuk kita semua.
Allahuma Amin.

4 comments:

Nuruli said...

salam kenal mas,,,
alamat kantorku,,,
jl letjen sutoyo no 8, waru sidoarjo...

Agung. s said...

Terima Ksh Mbak. It's Nice reply.
Bibis, smbt. PO.

Anonymous said...

Thanks artikelnya bos.. memeang yang nama spam itu nyebelin

Agung. s said...

For Saudara Zaenal.
Terima-kasih atas kunjungannya.
Apakah anda juga pernah kena imbasnya? Semoga jangan sampai ya boss.